Posted by : Unknown Monday 3 November 2014


Kali ini saya akan memperkenalkan game baru yaitu osu!, osu! adalah game musik dengan lagu-lagu anime, vocaloid, touhou, dan sebagainya. osu! dapat dimainkan secara online dan offline. Permainan osu cukup terkenal karena jika dimainkan secara online maka anda akan memasuki server internasional dan kalian bisa bermain multi player dengan orang luar negeri (tapi harus log in dulu)

Install
Kalian bisa download install-an nya disini . Cara install-nya cukup mudah dan tidak perlu ribet, cukup ikuti instruksinya.

Skin
Jika kalian kurang suka dengan skin/tema osu! anda, saya punya satu skin yang lain yaitu skin vocaloid. Kalian bisa mendownloadnya disini. Caranya cukup mudah, tinggal extract file ini ke folder "Skins" yang ada di folder "osu!" anda (di tempat anda meletakan folder game ini). Lalu anda jalankan game osu! lalu pilih ke "Options"/pengaturan, lalu cari pengaturan untuk mengganti skin..kalau untuk yang bahasa indonesia klik tombol "Pilih skin"

Beatmaps
Beatmap adalah lagu-lagu yang ada di game osu! yang berguna untuk kita mainkan. Beatmaps bisa di download satu per satu sesuai lagu yang anda inginkan. Atau anda juga bisa download per paket (package) yaitu kumpulan beatmap dalam satu foldernya. Anda bisa download Beatmap di situs resminya. Namun anda harus log in dulu untuk download beatmap tersebut. Berikut adalah beberapa link download untuk Package Beatmap (Beatmap Paket):

Cara memasukan beatmap sangatlah mudah. Untuk yang per-lagu anda cukup pindahkan folder beatmap (.osz) ke folder "Songs" yang ada di folder "osu!" anda. Untuk yang per paket nya tinggal di extract ke folder "Songs" yang ada di folder "osu!" anda. Biasanya jika anda memasukan beatmap ketika anda membuka game osu!, anda disuruh untuk me refresh/mengklik tombol F5 untuk meperbaharui beatmap anda.

Registrasi
Untuk register/pendaftaran anda bisa register di situs resminya jadi anda tinggal mengikuti instruksi pendaftaran yang ada di situs resminya. *Catatan: Pastikan osu! anda sudah terinstal sebelum mendaftar

Login
Setelah anda berhasil registrasi anda bisa login ke game osu!. Biasanya kalau kita buka game osu! otomatis akan keluar kolom untuk login. Jika tidak, anda bisa klik di pojok kiri atas anda
Lalu akan muncul seperti ini
Lalu tinggal masukkan username dan password anda lagu klik login/masuk. Lalu tinggal tunggu sebentar dan anda berhasil login.

Osu media player
Saat kita lagi tidak bermain (di lobby/di room) kita akan mendengarkan lagu dari beatmap yang bisa kita mainkan. Nah, kalian bisa mem-pause, mem-play, men-stop, ke lagu sebelumnya, ke lagu berikutnya, melihat informasi lagu, dan mencari lagu di koleksi lagu kita (klik tombol "jump to window").
Pengenalan beberapa fitur
Sebelum kita bermain osu! mari saya perkenalkan beberapa fitur yang ada di osu! adalah sebagai berikut yaitu:

Mode
Mode adalah pilihan jenis permainan yang ingin anda mainkan. Mode dalam osu! terbagi 4 yaitu
osu!, Taiko, Catch the Beat dan osu!mania

osu!
Mode osu! adalah mode permainan yang menggunakan mouse, cara bermainnya adalah dengan cara menyeret/mengklik bulatan yang ada di game tersebut. Kontrolnya adalah Klik kiri mouse/Klik kanan mouse. *note: apabila ada spinner(putara), maka kamu harus memutarnya sebanyak mungkin

Taiko
Mode Taiko adalah mode permainan seperti drum, kita memainkannya dengan tombol Z,X,C,V atau pakai tombol kiri/kanan mouse (tidak dianjurkan). Kita harus menekan tombol  tersebut ketika bulatan bulatan tersebut sampai ke bulatan transparan untuk menekan tombol tersebut.
*Kontrol nya adalah sebagai berikut:
Merah: X/C/klik kiri mouse
Biru: Z/V/klik Kanan mouse
Merah Besar: X+C
Biru Besar: Z+V
Kuning Panjang: Tekan Tombol Z/X/C/V secara acak atau tombol Klik kanan dan tombol Klik kiri secara bergantian

Catch the Beat
Mode ini adalah mode dengan menangkap buah dengan tepat.
*note: bila dapat buah yang ada cahaya merah di sampingnya maka akan menjadi 2x lebih cepat (biasanya jarak buahnya jauh)
*Kontrol nya adalah sebagai berikut
Kiri: kiri
Kanan: kanan
Mempercepat/Dash: shift sebelah kiri/ klik kiri mouse

osu!mania
Mode ini adalah mode menekan tombol ketika pipa tersebut datang, mode ini mirip dengan guitar hero. Mode ini punya beberapa pilihan banyak key yang digunakan yaitu mulai dari 4K sampai 7K (4Key-7Key). *kalau dapat yang panjang di tekan lama lalu pas ujungnya dilepas
*Berikut adalah kontrolnya:
4K: D, F, J, K
5K: D, F, Space, J, K
6K: S, D, F, J, K, L
7K: S, D, F, Space, J, K, L

Mods
Mods berbeda dengan Mode, Mods adalah fitur tambahan untuk mempersulit atau mempermudah permainan, dan juga bisa untuk auto playing namun jika auto playing tidak akan mendapat skor untuk kita dan UNRANKED

pertama klik Mods
Kedua Pilih Mods yang diinginkan
Ketiga, mainkan game nya (Contohnya mode hidden)
Mode Hidden adalah mode dimana objek yang akan di tangkap akan menghilang

Memilih lagu/beatmap
Kalian bisa memilih lagu/beatmap yang kalian inginkan dan jangan lupa baca informasi setiap level beatmap yang akan anda mainkan dengan berbagai macam level kesulitan

Random
Maksud dari random adalah memilih lagu/beatmap secara acak dengan menekan tombol di bawah ini

Grade
Grade adalah nilai dari permainan yang dimainkan berdasarkan banyaknya objek yang miss,hasil persenan, dan kombo yang di dapat
*Di osu! grade adalah sebagai berikut

Silver SS
Silver S
Golden SS
Golden S
Grade A
Grade B
Grade C
Grade D

Bermain osu!
Pada game osu! anda bisa bermain dengan mode online atau offline. Klik tombol osu! yang besar itu lalu klik "Play"
Saat bermain osu! ada 3 aspek yang perlu yang diperhatikan yaitu
1. Darah/ Nyawa
Darah/nyawa sangatlah perlu di perhatikan karena jika darah/nyawa tersebut maka kau akan gagal dan permainan berakhir (kecuali multiplayer atau menggunakan Mods "no fail")
2. Kolom informasi score permainan
Kolom ini berada di pojok kanan atas layar saat bermain.
A: Score Permainan
B: Waktu Permainan (bentuknya bulat seperti diagram)
C: Akurasi
3. Kombo
Kombo juga penting untuk diperhatikan, karena kombo yang tinggi akan menghasilkan score yang banyak dan lebih cepat menaikkan akurasi

Mode Offline
Untuk mode ini anda tidak perlu login, jadi jika ada muncul kolom login tinggal dilewati saja (atau klik esc). Namun pada mode ini kita tidak bisa bermain dengan orang banyak (multiplayer), dan score yang diperoleh hanya dapat di pajang di laptop sendiri saja (tidak masuk ranking)

Mode Online
  Untuk mode ini anda harus login dan terhubung ke internet, Dengan mode online anda bisa memilih mode Solo/Multi. Untuk Mode Solo anda cukup bermain seperti mode offline,tapi INGAT! walaupun mode solo tapi permainan anda akan tetap mempengaruhi point, ranking, dan akurasi anda (karena terkoneksi). 
  Untuk Mode Multi anda bisa masuk ruangan orang lain atau anda juga bisa membuat ruangan untuk bermain bersama teman anda/orang lain dan mode battle nya pun juga berbeda-beda ada yang head to head,group, dan lain lain. Untuk membuat ruangan caranya cukup mudah, tinggal buat ruangan lalu tunggu/invite orang-orang untuk bermain di room anda. 
   Dan jika anda menjadi host anda bisa memilih lagu dari beatmap anda untuk menjadi lagu yang akan di mainkan, dan anda juga punya hak lainnya sebagai host. Tapi apabila anda tidak menjadi host dan tidak mempunyai beatmap yang dipilih host untuk bermain, maka anda harus mendownload beatmap tersebut untuk bermain. Dan tentunya anda bisa chat dengan player lainnya.
Lobby
Di room tunggu player lain download beatmap.
Setelah selesai lalu ready/siap, dan jika kamu adalah host apabila semua player sudah siap tinggal tekan mulai permainan.
Apabila scoremu lumayan tingggi ada kemungkinan kamu akan masuk dalam ranking global di beatmap tersebut

Profil Pemain
Profil Pemain akan muncul apabila anda sudah login. Profil tersebut berisi rank,akurasi rata-rata, level, dan point performance. Dan dengan mengklik ke tabel informasi tersebut anda bisa mengganti gambar profil anda dan melihat nilai rata-rata permainan anda.

Mengedit atau membuat beatmap
Kalian bisa mengedit atau membuat beatmap dengan cara mengklik tombol "edit".
Kamu bisa mengedit beatmap yang sudah ada dengan cara mengklik beatmap tersebut kemudian mengubah-ubah nya dengan perangkat edit yang ada. Atau kamu juga bisa membuat beatmap sendiri dengan cara menyeret file .mp3 ke game osu! atau mengcopy nya ke folder "song"

Options
Di options atau pengaturan kamu bisa mengubah ubah settingan game mu agar permainan menjadi terasa lebih nyaman.
Exit
Untuk keluar dari game osu! kamu bisa mengklik tombol Exit atau dengan cara "alt+F4"

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © 2013 Vocaloid Anime Sharing - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - ReDesign by RR -